Tuesday, September 10, 2013

Lamaran: Done!

Alhamdulillah, salah satu tahapan dalam persiapan pernikahan akhirnya terlewati. Tepat pada tanggal 25 Agustus yang lalu keluarga calon suami secara resmi sudah melakukan proses lamaran ke keluarga saya. Walaupun pembicaraan pernikahan sudah dimulai jauh sebelum itu, tapi lamaran ini semacam "formalisasi" bahwa kedua keluarga sudah berniat baik untuk melangsungkan acara pernikahan.

Setiap keluarga dengan tradisi yang berbeda mungkin memiliki prosesi lamaran yang berbeda, demikian pula dengan keluarga saya. Pada intinya acara lamaran di keluarga kami adalah pertemuan antara dua keluarga, sehingga dilakukan dengan lumayan sederhana.

Kenapa saya bilang lumayan? Karena pada akhirnya Mama saya tetap menyiapkan tenda, menyewa kursi dan kipas angin, menyiapkan makanan dan mengundang beberapa saudara. Keluarga dari pihak calon suami saya ada sekitar 11 orang yang datang, sementara keluarga dari pihak saya kira-kira ada lebih dari 20 orang, ditambah dengan kehadiran beberapa tetangga dekat.

Semua vendor yang digunakan dan disewa untuk lamaran berasal dari tempat yang dekat, alias tetangga sekomplek juga. Tenda dan kursi sewa tetangga belakang komplek, catering pesan dari tempat kerja tetangga samping rumah, salon yang saya datangi juga adalah salon yang berada di dalam komplek. Pokoknya praktis!

Sebagai catatan, kebaya yang saya gunakan saat lamaran juga adalah kebaya stok lama kesayangan berwarna merah marun yang merupakan kebaya yang pernah saya gunakan saat menjadi penerima tamu sekitar 4 tahun yang lalu (masih muat, hihi).

Seserahan pada akhirnya tidak jadi diberikan saat lamaran, melainkan akan diberikan nanti sebelum akad nikah. Bawaan dari pihak keluarga pria pun diganti menjadi kue dan buah-buahan.

Tidak ada acara tukar cincin, diganti menjadi permintaan pacar saya yang meminta saya menjadi istrinya di depan keluarga secara lisan (maluuuu!).

Intinya, acara berlangsung secara kekeluargaan dan sederhana.

Terima kasih banyak untuk Mama yang meluangkan tenaga, waktu, dan biaya untuk mempersiapkan acara lamaran ini (peluk kecup). Sekarang, lanjut ke persiapan berikutnya!! Bismillah..

Vendor yang digunakan saat lamaran:
Catering: Tulip Catering
Tenda-Kursi-Kipas Angin: Fina Tenda
Salon: Arista Salon
Kebaya: Stok lama








No comments:

Post a Comment